Sabtu, 20 September 2008

Tugas Jurnal 1 Metode Riset

Judul jurnal : Tugas Alina puspitasari
Alamat jurnal : http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/anjak_2005_VI_03.pdf
Analisi :
Minyak bumi adalah SDA yang tidak dapat diperbaharui, Globalisasi dan industrialisasi menyebabkan kebutuhan BBM semakin tinggi. Sementara kapasitas produksinya tidak mampu mengimbangi pertumbuhannya akibatnya tahun 2005, harga minyak di pasar dunia melonjak diatas level 55 US$/barel.
Diantara BBM, solar merupakan salah satu faktor produksi penting dari sektor pertanian. Kenaikan BBM dapat mempengaruhi profitabilitas usaha tani, maka jurnal ini dibuat untuk mengkaji dampak harga BBM terhadap ongkos usaha tani.
Sampel yang diambil petani kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan dengan obyek sewa jasa traktor. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan perhitungan profitabilitas usaha tani. Analisis deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan pengkajian suatu gugus data.
Terlihat bahwa setelah adanya kenaikan harga BBM justru keuntungan yang diterima usaha jasa ini lebih baik dari sebelumnya. Fakta ini menunjukkan bahwa tambahan biaya operasional akibat adanya kenaikan harga BBM sepenuhnya ditanggung petani. Fakta ini juga menunjukkan bahwa usaha jasa traktor cenderung terlalu tinggi menaikkan sewa traktor, karena pada sewa yang baru keuntungannya semakin membaik secara nominal, juga terjadi kenaikan relatif (%) lebih tinggi dari kenaikan biaya operasional. besarnya sewa traktor meningkat sebesar 25%. biaya operasional yang harus dikeluarkan usaha jasa ini mengalami peningkatan sekitar 24,82%, sehingga Penerimaan dari sewa traktor juga mengalami peningkatan pasca kenaikan BBM sebesar Rp. 80.000/ha atau 22.8 persen. Tanpa adanya perbaikan harga jual gabah di tingkat petani, maka dapat dipastikan insentif yang diterima petani akan menurun.
Karena beban peningkatan biaya operasional hampir seluruhnya dibebankan kepada petani maka peningkatan harga gabah menjadi prioritas utama kebijakan mengantisipasi kenaikan harga BBM yang akan datang.
Nama Pengarang: Pantjar Simatupang, Ketut Kariyasa, Sudi Mardianto, dan M. Maulana
Tahun pembuatan : 2005
Topik : Pengaruh kenaikan harga BBM terhadap usaha penyewaan traktor dalam usaha tani.
judul : pengaruh keaikan BBM maret 2005 terhadap profitabilitas usaha jasa alsintan & usaha tani padi
topik : faktor yang mempengaruhi profitabilitas usaha tani

Tidak ada komentar: