Jumat, 16 April 2010

Indahnya Jogja membuat banyak peluang usaha

Indahnya Jogja membuat banyak peluang usaha

Joyohadinigrat atau terkenal dengan sebutan jogja adalah kota yang terkenal dengan gudeg dan pelajarnya. Propinsi ini dipimpin oleh seorang raja yang bernama hamengkubuwono xI . Dengan Indahnya alam dan panorama jogja dapat membuat peluang usaha yang banyak. Peluang usaha pertama adalah usaha pertanian/perkebunan. Usaha perkebunan buah naga yang berada di pantai Glagah, selain berkebun buah naga disana juga ada lestoran yang menyediakan olahan buah naga. Pertanian tanaman palawija, pertanian ini berada di pantai Bugel. disepanjang pantai bugel banyak tanaman palawija dari jagung singkong cabe serta buah-buahan. Di kota Sleman juga ada perkebunan salak yang terkenal yaitu salak pondoh. Banyak warga disana yang menanam buah salak di dekat rumah mereka. selain salak di Sleman juga ada usaha belut, ada budidaya belut dengan olahan kripik belut. Kokap, di kokap banyak usaha yang terkenal disana diantaranya ada usaha gula merah dan vanili. di Kokap banyak tumbuh pohon kelapa dan vanili. warga disana memanfaatkan pohon kelapa untuk membuat gula merah. Ada perkebunan kayu putih yang berada di Sermo. disepanjang jalan banyak tumbuh pohon kayu putih yang dapat dimanfaatkan memjadi minyak kayu putih.

Selain pertanian/perkebunan di Jogja juga terkenal dengan kerajinannya. Kerajinan gerabah yang berada di kasongan, gerabah yang dihasilkan bagus-bagus dan berkualitas sehingga banyak yang di ekspor, kebetulan orang tua saya sering membeli gerabah disana, dengan harga yang murah dan bentu yang inovasi membuat banyak orang membeli gerabah di jogja. Kerajinan tas dari eceng gondok yang berada di Sentolo, tas, dompet dan semacamnya banyak di produksi disana, bentuk tas yang mengikuti zaman sekarang dan warna yang cerah membuat tas dari eceng gondok ini bernilai tinggi, walaupun bernilai tinggi tapi harganya murah, saudara saya membeli tas yang lucu hanya membayar Rp 30.000 saja. bila sudah sampai Jakarta harga tidak bisa semurah itu. Kota Gede terkenal dengan kerajinan peraknya, disana banyak sekali rumah yang menjual perak yang berkualitas, ada tempat pembuatannya juga disana jadi kita bisa melihat langsung cara membuat kerajinan ini, kerajinanya juga tidak hanya membuat perhiasan tapi juga membuat pajangan yang sangat menarik. Perak dari Kota Gede terkenal dengan perak yang berkualitas.

Usaha makanan juga banyak terdapat dijogja,,hampir disetiap kota jogja menjajakan makanan yang enak-enak dan berbeda. Ada makanan dari undur-undur, hewan satu ini dapat dibuat sate. Ada sate kelinci yang terkenal di daerah kali Urang. Tempe bengo, geblek yang terbuat dari tepung tapioka yang bentunya seperti angka delapan ini banyak terdapat di daerah gelagah dan wates. Bakpia yang terkenal itu juga berasal dari jogja, produksinya banyak terdapat di kota jogjannya atau di pusat kota jogja. banyak varia rasa dari bakpia ada kacang hijau, keju, coklat,strowbery, durian dll. Tiwul dan gatot juga makanan asli jogja, makanan ini banyak terdapat di Gunung Kidul, makanan yang terbuat dari ketela pohon(ubi kayu) sangat berbeda dan enak bagi saya tapi tak semua orang menyukainya. saya termasuk orang yang menyukai karena rasanya yang manis dan gurih dan cocok dengan lidah saya. Dan tidak lupa ada makanan yang mais yang terbuat dari nagka, yaitu gedeg. makanan manis gurih ini banyak dijual di jogja dari mulai pagi-pagi untuk sarapan sampai malam-malam untuk makan tengah malem. saya juga menyukai makanan khas jogja ini, menurut saya gudeg asli jogja berbeda lebih enak dibanding denagan tempat lain, rasanya susah untuk dilupakan.

Ternyata Jogja memang tempat yang indah yang mempunyai banyak rahasia hidup dan tempat yang eksotik.

1 komentar:

Peluang bisnis dan usaha mengatakan...

Peluang Usaha Bisnis Online dan Offline! Menjadi Travel Agent dengan Modal Rp. 150.000
http://birotiket.com/join.php?id=travel-murah